Breaking News
Loading...
Tuesday 11 September 2012

Info Post


Kalsium adalah mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, namun terlalu banyak kalsium juga dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Efek yang lebih cepat terasa saat terlalu banyak mengkonsumsi kalsium adalah rasa mual yang kerap disertai rasa pusing dan muntah.

Kalsium sebaiknya tidak terlalu banyak dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki gen kanker. Konsumsi kalsium yang berlebihan, dapat mengganggu peredaran darah orang dengan gen kanker.

Kalsium memang baik untuk kesehatan tulang, namun terlalu banyak asupan kalsium justru akan membahayakan tulang. Tulang akan berdegenerasi dengan lebih cepat saat menerima asupan kalsium yang terlalu banyak.

Hal ini dapat membuat tulang menjadi lebih rapuh, bahkan memicu terjadinya osteoporosis.

Masalah perut seperti konstipasi juga dapat dipicu oleh asupan kalsium yang terlalu banyak.

Selain itu, kalsium dapat membuat cairan tubuh lebih banyak terbuang, sehingga risiko dehidrasi meningkat lebih tinggi. Konsumsi kalsium secara berlebihan juga dapat memicu kanker prostat, sehingga orang yang menderita penyakit ini disarankan untuk menghindari asupan kalsium secara berlebihan.

Masalah lain seperti batu ginjal, juga bisa disebabkan oleh asupan kalsium yang berlebihan. Kalsium yang tidak terserap tubuh, akan terbuang melalui saluran kencing.

Namun sebelumnya kalsium akan mengendap pada saringan ginjal, inilah yang menyebabkan pembentukan batu kristal pada ginjal yang disebut kalsium oxalat atau kalsium phosphate.

Sebagaimana dilansir dari Boldsky, anak-anak dan kaum perempuan membutuhkan asupan kalsium yang lebih banyak dibandingkan dengan kaum laki-laki dewasa.

Anak-anak membutuhkan banyak asupan kalsium untuk menunjang masa pertumbuhannya. Sementara perempuan membutuhkan lebih banyak kalsium pada masa kehamilan.

Laki-laki hanya membutuhkan 1.000mg sampai 1.200mg kalsium setiap harinya. Sementara perempuan membutuhkan sekitar 1.200mg hingga 1.500mg kalsium perhari, dan anak-anak membutuhkan 1.300mg kalsium per hari.

Asupan kalsium terbanyak yang boleh Anda konsumsi per hari adalah 2.500mg.
(M048)


Sumber :

0 comments:

Post a Comment