Breaking News
Loading...
Thursday 4 October 2012

Info Post

TORU YAMANAKA / AFP Pebalap Jerman Michael Schumacher dalam jumpa pers di Sirkuit Suzuka, Jepang, menyatakan pensiun dari ajang Formula 1.


 Untuk kali kedua dalam karir balapnya, pebalap Jerman, Michael Schumacher menyatakan mundur dari arena balap Formula 1 yang digelutinya. Dia pernah pensiun namun kembali ke arena balap, meski kurang sukses.


Kepada para wartawan di sirkuit Suzuka, Jepang, juara dunia tujuh kali itu mengatakan dia sudah bulat mengambil keputusan ini.

"Saya memutuskan untuk pensiun akhir tahun ini, meski saya masih mampu untuk berkompetisi dengan pebalap terbaik di seluruh dunia," kata Schumacher, Kamis (4/10/2012).

"Namun pada satu titik, lebih baik untuk mengatakan selamat tinggal. Dan itu yang saya lakukan sekarang, yang saya harap ini akan berlangsung selamanya," tambah dia.

Pensiun pertama Schumacher dilakukannya akhir 2006, setelah dia memenangkan lima gelar juara dunia bersama Ferrari dan dua lainnya bersama Benetton pada 1994 dan 1995.

Tapi keputusan itu terbukti sebuah keputusan prematur. Sebab pada akhirnya pebalap tersukses dalam 62 tahun sejarah Formula 1 itu akhirnya kembali ke arena bersama Mercedes yang membeli tim juara Brawn GP pada 2009 lalu.

Sejak kembali ke arena balap, Schummy hanya satu kali mencicipi podium dalam tiga musim terakhir. Podium itu adalah posisi ketiga GP Valencia tahun ini. Selain itu, dari 14 balapan di 2012, separuhnya tak bisa diselesaikan pebalap Jerman itu.

Pebalap veteran ini juga mengalami momen tabrakan yang memalukan, termasuk yang terjadi di GP Singapura. Kejadian itu bahkan membuat fans Jerman paling setia mempertanyakan penglihatan Schumacher. Akibat kejadian itu, Schumacher harus memulai lomba di Suzuka dari posisi ke-10.

Keputusan pensiun ini adalah dampak dari pindahnya Lewis Hamilton dari McLaren ke Mercedes. Namun, ada spekulasi Schumacher masih berusaha mencoba peruntungannya dengan tim papan bawah seperti Sauber.

Usai menyatakan pensiun, pebalap Jerman ini mendapatkan standing ovation. Dia menegaskan merasa lebih bebas setelah musim ini berakhir di Brazil, November mendatang.

"Selama beberapa bulan terakhir ini, saya merasa tidak pasti apakah saya masih memiliki motivasi dan energi untuk terus bertarung," paparnya.

"Bukan gaya saya untuk melakukan sesuatu yang tidak 100 persen saya ingini. Dengan keputusan hari ini, saya terbebas dari semua keraguan itu," tandasnya.

"Tak disangkal kami gagal mencapai tujuan. Namun, saya masih bisa gembira dengan raihan saya sepanjang karir," tegas Schummy

sumber : http://olahraga.kompas.com/read/2012/10/04/17431274/Michael.Schumacher.Akhirnya.Memilih.Pensiun

0 comments:

Post a Comment