Breaking News
Loading...
Tuesday 18 September 2012

Info Post



Tips Hemat Uang untuk Kalangan Pelajar / Mahasiswa

Saat kita-kita yang masih sekolah atau kuliah butuh uang banyak untuk mencukupi suatu kebutuhan tertentu, maka tidak secara otomatis dapat terpenuhi. Seorang pelajar dan mahasiswa umumnya belum bekerja sehingga tidak dapat menghasilkan uang sendiri. Uang yang didapat umumnya dari pemberian orangtua, pemberian sodara, beasiswa, dan usaha bisnis. Ketika hal itu terjadi maka kita harus melakukan perjuangan untuk menggapainya.



K
ita harus realistis dalam menginginkan sesuatu. Jika sesuatu yang kita inginkan tersebut jauh berada di luar kemampuan kita, maka yang dapat kita lakukan adalah mengurungkan niat tersebut dan bersabar. Contohnya jika dalam satu hari kita bisa menabung Rp. 10.000,- sehingga dalam satu tahun akan terkumpul kurang lebih Rp. 3.650.000,- maka akan sangat sulit untuk membeli sebuah rumah sederhana selama 10 tahun. Terlebih lagi dengan adanya inflasi akan menghancurkan impian tersebut tanpa ampun (kecuali disimpan dalam bentuk emas, perak atau benda lain yang riil, stabil dan mudah dijual.



J
auhi diri kita dari perilaku konsumtif yang menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting seperti untuk membeli handphone mahal terbaru, untuk hobi mahal, untuk makan-makan enak, untuk pacaran, untuk bersenang-senang, untuk maksiat, dan lain-lain. Pikirkanlah lagi berkali-kali sebelum mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Masa depan kita harus kita siapkan dari sekarang, sehingga akan jauh lebih bermanfaat apabila uang yang banyak tersebut dipergunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan kebaikan kita di masa depan. Bayangkan jika tiba-tiba kita dituntut mandiri saat ini juga dengan apa yang ada, maka kita butuh uang yang cukup untuk modal mandiri.

Tips Cara Menghemat Uang Saku Agar Punya Uang Banyak Untuk Pelajar dan Mahasiswa :
  1. Bawa Makan dan Minum dari Rumah (Tidak Jajan)
  2. Perbanyak Jalan Kaki atau Naik Sepeda Kayuh
  3. Pinjam Buku daripada Membeli yang Baru
  4. Gunakan Handphone Seperlunya Saja
  5. Nikmati Waktu Senggang dan Liburan Tanpa Mengeluarkan Uang
  6. Pilih Hobi yang Murah Meriah Namun Sangat Menyenangkan
  7. Lebih Sering Dekat ke Teman-Teman yang Sesama Irit
  8. Berhenti Merokok, Miras, Narkoba, Judi, Main WTS, dan Keburukan Lainnya
  9. Rawat dengan Baik Pakaian, Tas, Sepatu, Buku, dll Agar Tidak Sering Beli
  10. Jadilah Orang yang Baik, Beguna, dan Menyenangkan Agar Sering Ditraktir dan Diizinkan Nebeng
  11. Menulislah dengan Huruf yang Kecil Agar Hemat Kertas
  12. Gunakan Buku yang Kertasnya Lembaran Berlubang (Loose Leaf) Agar Jarang Beli Buku
  13. Jaga Kesehatan dengan Pola Hidup Sehat agar Tidak Perlu Keluar Uang Untuk Berobat
  14. Pilih Belajar Lewat Materi Softcopy Komputer agar Tidak Perlu Buku
  15. Jika Dibelikan Printer Pilih yang Sistem Tinta Tangki Original Bawaan Pabrik Agar Hemat



Masih ada banyak lagi cara lainnya yang bisa diterapkan oleh pelajar dan mahasiswa untuk bisa irit pengeluaran dalam kehidupan sehari-hari. Butuh kreatifitas kita dalam menemukan teknik-teknik baru dalam dunia perhematan uang. Namun jangan terlalu irit agar tidak menjadi pelit, karena irit dan pelit memang hal yang serupa tapi tak sama. Orang yang kikir atau pelit biasanya tidak disukai orang, namun orang yang hemat bisa menjadi contoh bagi orang lain. Selamat berhemat ria dan semoga keinginan anda dapat terwujud dengan baik.

sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15383974

0 comments:

Post a Comment