Breaking News
Loading...
Friday 21 September 2012

Info Post
Bila kemarin ada 10 spesies mamalia terbaru yang ditemukan pada 10 tahun terakhir, kali ini ada 10 spesies flora dan fauna terbaru yang berhasil dideskripsikan pada tahun 2011. 10 Spesies flora dan fauna ini dipilih oleh sekelompok ilmuwan di Arizona State University. Kelompok ilmuwan ini, International Institute for Species Exploration di Arizona State University, memang selalu memilih 10 spesies terbaru yang ditemukan tiap tahun. Tujuannya, mengenang Bapak Botani dari Swedia, yang juga pakar klasifikasi flora dan fauna serta tata nama ganda, Carolus Linnaeus, yang lahir pada 23 Mei 1707.
Berikut 10 flora dan fauna yang berhasil diidentifikasi secara ilmiah pada 2011 pilihan International Institute for Species Exploration at Arizona State University seperti dilansir dari Sydney Morning Herald (SMH) dan Live Science pada Mei 2012, yang dikutip detikcom Selasa (18/9/2012):
*1.Monyet tukang bersin*
Monyet ini diidentifikasi berhidung pesek, ditemukan di pegunungan Myanmar pada 2011 lalu saat survei kelompok ilmuwan tentang kukang. Monyet hidung pesek ini diberi nama latin *Rhinopithecus strykeri*. Lucunya, monyet ini bersin-bersin di kala hujan datang. Hatsyi!
*2.Tarantula biru*
Tarantula Sazima adalah laba-laba raksasa berwarna biru yang ditemukan di pegunungan Brasil. Nama latin laba-laba biru ini adalah *Pterinopelma sazimai*.
*3.Kaki seribu raksasa*
Cacing berkaki seribu ini berukuran raksasa, 6,3 inci alias 16 cm dengan diameter 1,5 cm. Ada 56 segmen tubuhnya. Tak heran hewan bernama latin *Crurifarcimen vagans* ini dijuluki 'Wandering leg sausage' karena penampakannya besar seperti sosis!
Hewan ini ditemukan di salah satu tempat biodiversitas dunia, Pegunungan Arc, sebelah timur Tanzania.
*4.Ubur-ubur kotak bermata*
Ubur-ubur ini merupakan spesies baru yang ditemukan di Kepulauan Bonaire, Dutch Caribbean. Tapi awas, cantik-cantik begini dia sangat beracun. Warga lokal yang tersengat ubur-ubur ini biasanya berteriak "Oh boy!". Karena itu spesies ini dinamakan *Tamoya ohboya*.
Keistimewaan ubur-ubur ini dibanding dengan ubur-ubur lainnya adalah dia memiliki mata untuk memandu navigasinya.
*5.Lebah parasit kecil*
Lebah parasit kecil ini hanya berukuran 1 cm, ditemukan di tanah di Madrid, Spanyol. Parasit ini menumpangkan telurnya di tubuh semut. Tak perlu waktu lama dia menaruh telur-telurnya, seperti pesawat pengebom dari atas yang menyerang dan menaruh telur, lebah bernama latin Kollasmosoma sentum hanya butuh waktu 1/20 detik per telur.
*6.Anggrek yang mekar malam hari*
Anggrek ini lucu, hanya mekar di malam hari sekitar jam 10 malam dan kemudian menguncup kembali pada pagi-pagi sekali. Nama latin anggrek ini adalah Bulbophyllum nocturnum, satu-satunya anggrek yang mekar di malam hari dari 25 ribu spesies anggrek yang telah diidentifikasi.
*7.Jamur spons*
Ini adalah jamur spesies baru yang hidup di bawah pohon dalam hutan hujan tropis. Lucunya, bentuknya tak seperti jamur, namun seperti spons laut, warnanya oranye cerah dan ada yang ungu. Lucu ya, mirip tokoh kartun Spongebob squarepants yang berwarna kuning itu.
Tak heran jamur yang ditemukan di hutan hujan Sarawak, Malaysia itu dinamai Spongiforma squarepantsii
*8.Cacing setan*
Panjangnya cuma 0,5 mm, namun cacing yang sangat kecil ini hidup di kedalaman yang ekstrem di Bumi. Dia ditemukan di kedalaman 1,3 km di tambang emas di Afrika Selatan. Spesies ini tahan hidup di daerah yang bertekanan dan bersuhu tinggi bak neraka.
Karena ukurannya yang sangat kecil, cacing ini hanya bisa dilihat oleh mikroskop elektron. Cacing ini bernama latin Halicephalobus mephisto
*9.Kaktus berjalan*
Ini bukan tumbuhan, namun binatang semacam cacing berkaki banyak. Binatang ini sudah punah dan hanya ditemukan fosilnya saja di bagian barat daya China.
Binatang ini diperkirakan hidup pada 520 miliar tahun yang lalu dan baru diidentifikasi pada 2011 sebagai Diania cactiformis
*10.Popi Nepal*
Di saat yang lain gugur, bunga popi ini malah mekar. Ditemukan endemik dan liar hanya di Pegunungan Himalaya, Nepal yang berketinggian 4 ribu meter di atas permukaan laut. Bunga popi Nepal ini diidentifikasi pada tahun 2011 dengan nama Meconopsis autumnalis




sumber :http://www.mindtalk.com/ch/DuniaFauna#!/post/50589651f7b7300b33000d79

0 comments:

Post a Comment